TIPS OLAHRAGA RINGAN DIRUMAH

TIPS OLAHRAGA RINGAN DIRUMAH

TIPS OLAHRAGA RINGAN DIRUMAH-Olahraga ringan dirumah saja
Sumber : Pixabay.com

TIPS OLAHRAGA RINGAN DIRUMAH – Di masa pandemi ini kita sangat terbatas melakukan sesuatu, dari mulai bersekolah, bekerja sampai bermain. Untuk sebagian orang melakukan aktifitas diluar ruangan sangatlah penting karena itu merupakan rutinitas kita setiap hari. Termasuk dalam berolah raga, Orang-orang yang sering berolahraga pasti akan merasa tidak nyaman jika melewatkan berolah raga. Banyak sekali jenis-jenis olahraga yang sering dilakukan dari mulai olah raga ringan sampai olahraga yang berat. Jangan khawatir kita masih bisa melakukan olahraga ringan dirumah ajah, banyak jenis olahraga ringan yang masih bisa kita lakukan, jadi kita tetap sehat meski dberdiam diri dirumah.

Olahraga Ringan yang bisa dilakukan dirumah diantaranya :

1. Jalan-Jalan – TIPS OLAHRAGA RINGAN DIRUMAH

TIPS OLAHRAGA RINGAN DIRUMAH-Jalan-jalan
Sumber : Google

Mungkin kita tidak menyadari kalau berjalan-jalan merupakan olah raga ringan yang biasa kita lakukan sehari-hari. Dengan berjalan-jalan kita bisa merengangkan otot-otot ditubuh kita. Kita bisa berjalan-jalan disekitar rumah sekitar 10-15 menit dalam sehari, Jalan-jalan merupakan pilihan yang tepat bagi orang-orang yang malas untuk berolahraga tapi ingin tetap sehat. Karena ketika masa pandemi ini kita jarang beraktifitas sehingga otot-otot ditubuh kita jadi menegang maka dari itu olahraga ini sangat cocok. Alternatif lain kita bisa naik turun tangga yang ada dirumah kita lakukan secara rutin agar kita bisa tetap sehat meski berdiam diri dirumah

2. Push Up

Push Up
Sumber : Google

Nah, yang satu ini juga sangat simpel. Meski gerakannya sangat sederhana, variasi push up sebenarnya sangat beragam. Push up merupakan salah satu olahraga yang bisa Anda lakukan di rumah tanpa bantuan alat. Push Up berguna untuk memperkuat otot dada, tricep, pundak, dan punggung, kita akan melakukan gerakan push up. Push up adalah salah satu gerakan olahraga yang paling berguna untuk meningkatkan kekuatan badan bagian atas. Ingat untuk selalu mengencangkan otot perut dan lakukan gerakan ini kurang lebih 1 menit atau tergantung dari kemampuan kalian sendiri. Untuk melakukan olahraga ini kalian juga harus bia mengukur kemampuan jika kalian sudah merasa tidak kuat berhenti dan beristirahat ditakutkan terjadi cedera jika kalian melakukannya secara berlebihan.

3. Stretching

Streching
Sumber : Google

Untuk kalian yang memang jarang melakukan olahraga kalian bisa mulai melakukan olahraga ringan di rumah dengan stretching. Stretching tidak akan memakan waktu lama dan sangat penting dalam kebugaran fisik. Stretching membuat badanmu fleksibel, meperluas kemampuan gerak, meningkatkan sirkulasi, dan menenangkan pikiran.

Coba mulai dengan standing side stretch, dimana kamu berdiri dengan kaki rapat dan tangan juga saling menggenggam di atas kepala. Tarik napas dan luruskan tubuhmu, lalu stretching badan atas ke kanan selama lima detik, dan kiri selama lima detik. Kamu akan merasa tarikan di punggung dan pinggang.

4. Sit Up – TIPS OLAHRAGA RINGAN DIRUMAH

TIPS OLAHRAGA RINGAN DIRUMAH-Sit UP
Sumber : Google

Sit Up merupakan olahraga ringan yang bisa dilakukan dirumah seperti halnya push up. Selain membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar, Sit Up juga akan membuat bagian perut kalian menjadi lebih rata atau yang lebih dikenal dengan kata six pack. Klaian uga bisa meminta bantuan orang lain untuk berolahraga sit up ini karena ketika si up posisi kita harus terlentang dan kita bangun dengan menahan semua beban badan. Agar lebih mudah maka disarankan kalian menahan kaki kalian dengan alat atau bantuan oaring lain. Lakukan secara efektif agar kalian bisa memiliki perut yang rata.

5. Squats

Squats
Sumber : Google

Untuk olahraga ringan di rumah selanjutnya, kita mulai dengan melakukan squat. Mulai dengan gerakan berdiri sambil membuka kakimu selebar pinggul dan biarkan jari-jari kaki agak serong ke samping. Aktifkan otot perut seperti ketika kamu menahan perut agar tidak terlihat buncit.Tekuk lututmu ke depan dan dorong pinggang ke belakang (seakan kamu mau duduk di kursi di belakangmu). Usahakan agar posisi lutut berada di belakang jari-jari kaki. Turunkan bagian bokongmu serendah yang kamu bisa. Saat mau kembali ke atas, dorong badan dari bagian tumit. Saat kamu berdiri ini remas otot glute (atau otot bokong). Lakukan gerakan ini selama 1 menit.

Baca Juga >> PERAWATAN WAJAH MENGGUNAKAN TEH HIJAU

6. Skot Jump

Skot Jump
Sumber : Google

skot jump atau jump squat bertujuan untuk meningkatkan kekuatan dan kelincahan seseorang dengan cara melompat secara vertikal. Biasanya, gerakan ini dilakukan sebagai awalan untuk latihan lompatan yang lebih sulit. Tanpa perlu peralatan apa-apa, skot jump bisa dilakukan sendiri di rumah yang areanya terbatas sekalipun.

Tak hanya itu, skot jump juga merupakan gerakan yang kerap dimasukkan dalam olahraga kardio dengan intensitas tinggi. Semakin stabil lompatan dengan repetisi yang banyak, semakin banyak pula kalori terbakar.

Saat melakukan jump squat, otot tubuh bagian bawah yang digunakan. Bahkan, otot core seperti perut, paha, hamstring, dan punggung bagian bawah juga ikut bekerja. Olahraga ini sangat cocok untuk para penyuka olahraga ringan tetapi efektif

7. Jogging

Lari
Sumber : Google

Joging Berbeda dengan berjalan-jalan, Joring atau lari laun merupakan bentuk berlari dengan langkah perlahan atau santai. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kebugaran fisik dengan tekanan yang lebih sedikit pada tubuh daripada berlari lebih cepat, tetapi lebih dari berjalan, atau untuk mempertahankan kecepatan tetap untuk jangka waktu yang lebih lama.ketika kita  berjonging track yang kita lalui cukup panjang. Untuk meminimalisir kalian bisa berjoging disekitar rumah tanpa harus pergi jauh-jauh dari daerah rumah. Tetapi jika kalian ingin melakukan jogging ditrack yang panjang seperti stadion kalian bisa melakukannya tapi jangan lupa untuk memakai masker serta menjaga jarak dengan yang lainnya. Jangan lupa juga untuk mencuci tangan atau menggunakan handsainitaizer agar kalian tetap terjaga dan terhindarr dari virus-virus yang ada.

8. Angkat Beban – TIPS OLAHRAGA RINGAN DIRUMAH

TIPS OLAHRAGA RINGAN DIRUMAH-Angkat Beban
Sumber : Google

Olahraga angkat beban identik dengan tempat Gym, karena biasanya angkat beban menggunakan alat dumble dan barble. Tetapi jika kalian tidak punya perlatan gym dirumah  kalian juga bisa memanfaatkan peralatan seadanya yang bisa didapatkan di sekitar rumah, seperti timba berisi air atau sisa botol tak terpakai. Salah satu contoh kalian bisa menggunakan botol yang diisi air anggap saja kalian botol itu seperti barble. Lakukan olah raga dengan botol berisi air it setiap hari juga untuk hasil yang lebih maksimal. Kalian juga bisa memanfaatkan perabotan dirumah yang memiliki beban yang cukup berat. Jadi kaian merasa di tempat gym meskipun kalian sedang berdiam diri dirumah.

9. Lompat Tali

Lompat Tali
Sumber : Google

Ketika kecil sebagian orang mungkin pernah melakukan permainan lompat tali. Biasanya kita melakukan lompat tali menggunakan karet gelang yang kita rangkai sedemikian rupa. Tapi untuk berolahraga kita biasa menggunakan alat yang bernama skiping. Olahraga lompat tali atau yang disebut dengan skipping ini sangat bermanfaat bagi tubuh, karena mampu menurunkan berat badan. Efek dari gerakan lompat tali ini akan membakar lemak yang ada di dalam tubuh Anda. Jangka waktu olahraga lompat tali ini bisa dilakukan selama 30 menit saja tergantung dari kemampuan kalian masing-masing, kalian juga bisa melakukannya didalam rumah atau halaman rumah dengan space ruangan yang agak lebih besar. Dengan alat yang sederhana kalian masih bisa berolahraga untuk hasil yang maksimal lakukan secara rutin.

10. Menari

Menari
Sumber : Google

Menari merupakan salah satu jenis olah raga yang tidak kita sadari, Ketika kita bergerak saat menari kita akan berkeringat dan otot tubuh kita juga akan merenggang dan itu sangat baik untuk tubuh. Tarian dengan music yang cepat akan membuat kita lebih bersemangat dan lebih banyak berkeringat. Saat pandemic sekarang aplikasi tiktok sedang digandrungi banyak orang dari yang anak-anak, dewasa sampai orang tua. Karena dengan aplikasi kita kita bisa ikut menari mengikuti ketukan lagi dan tanpa kita sadari dengan bertiktok ria kita telah berolahraga. Untuk sebagian orang yang menari adalah hobi dan bisa dijadikan pekerjaan. Ketika pekerjaan dan kita adalah hobi yang kita sukai adalah suatu kesenangan tersendiri apalagi kita juga bisa sambil berolahraga ketika menari yang membuat tubuh kita jadi lebih sehat juga.

 

Baca Juga >> PERAWATAN WAJAH MENGGUNAKAN BENGKOANG

Referensi :
https://www.rukita.co
https://summareconbekasi.com
https://www.daya.id
https://id.wikipedia.org

Ajeng Kartini

leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Create Account



Log In Your Account



%d bloggers like this: