Tips Diet Sehat dan Aman bagi Ibu Menyusui

Tips Diet Sehat dan Aman bagi Ibu Menyusui

Tips Diet Sehat dan Aman bagi Ibu Menyusui

Tips Diet Sehat dan Aman bagi Ibu Menyusui, Banyak Kaum Perempuan yang mengeluh setelah melahirkan karena melihat perubahan yang ada pada tubuhnya. Perutnya yang dulu terlihat langsing kini terlihat seperti ada bola dibalik bajunya, tentunya rasa ingin mengembalikan bentuk tubuh ke ukuran semula itu sudah ada dibenak para kaum perempuan atau yang disebut kaum Mom ini.

Tidak sedikit kaum Mom ini ingin cepat-cepat mengembalikan tubuhnya ke berat yang ideal dengan cara yang instan dan diet ketat, tapi tunggu dulu ya Mom, harus ingat kalau saat ini Mom sedang menyusui si Buah Hati.

Tips Diet Sehat dan Aman bagi Ibu Menyusui
Tips Diet Sehat dan Aman bagi Ibu Menyusui

Dengan melakukan diet instan bisa mempengaruhi produksi ASI Mom, engga mau kan kalau si kecil ngga ngerasain ASI kita. Apalagi diet menggunakan dengan obat-obatan yang biss menurunkan berat badan. Wah Ini sangat bahaya sekali yah Mom untuk Mom dan Bayinya juga. Lalu bolehkan Mom diet saat menyusui?

Sebenarnya untuk Mom yang masih menyusui masih membutuhkan banyak sekali nutrisi untuk memproduksi ASI. Jika nutrisi ini kurang terpenuhi, produksi ASI nantinya tidak akan maksimal yang akhirnya kita ksihan juga pada si Buah Hati yang kurang akan nutrisi.

Jika Mom ingin diet saat menyusui, sebaiknya ikuti petunjuk dan cara-cara Tips Diet Sehat dan Aman bagi Ibu Menyusui, diet yang sehat dan alami agar diet Mom aman dilakukan untuk Ibu dan Bayi. Berikut ini Pusat Iklan Bandung akan rangkum dari beberapa informasi yang kami dapatkan, Tips Diet Sehat dan Aman bagi Ibu Menyusui, berikut penjelasannya :

1. Sering menyusui bayi

Cara yang paling mudah dan sederhana yang pertama adalah Dengan sering memberikan ASI kepada bayi, maka produksi ASI jadi lancar sehingga seluruh zat termasuk lemak yang terkadung dalam ASI ditransfer ke bayi, selain itu adalah keawajiban baagi kita sebagai Mom ternyata bisa memberikan manfaat juga.

2. Makan teratur dan jangan membatasi konsumsi makanan

Makanlah dengan teratur sesuai jadwal makan yang benar, tidak dibenarkan sekali ketika diet harus berhenti makan, dan jangan membatasi makanan yang Mom makan, justru ketika Mom menyusui asupan buah dan sayur sangat di butuhkan, jadi memperbanyak asupan makanan buah dan sayuran tidak akan menjadikan Mom kelebihan dalam berat badan, tentunya makan sayuran dan buah-buahna yang kaya akan serat yah.

Mom harus mengonsumsi setidaknya 1500-1800 kalori per hari. Mom harus tetap menjaga kebutuhan nutrisi setiap harinya

3. Mengatur Porsi makanan

Bukankan ibu menyusui harus banyak makan? Asumsi itu kurang tepat ya Mom, Memang Ibu menyusui sangat di anjurkan sekali untuk memasukan nutrisi yang cukup untuk kelancaran memproduksi ASI, namun bukan berarti setiap makan porsinya harus banyak, tapi sering makan namun dengan porsi yang cukup, jangan menunggu perut lapar/kosong, karena dengan perut yang lapar porsi makan akan meningkat. Jadi perlahan –lahan makan dengan porsi sedikit namun sering.

Baca Juga : Tips Diet Sehat Alami, Tips Diet Ampuh, Tips Diet Berhasil

4. Asupan cairan yang cukup

Ketika menyusui, Mom sangat membutuhkan cairan kira-kira 16 gelas per hari. Bukan dari air mineral saja, sumber lain selain air juga bisa Mom dapatkan dari makanan, buah, atau sayuran. Asupan air mineral bagi ibu menyusui harus tercukupi karena sangat penting sekali bagi metabolisme tubuh, Mom yang menyusui akan lebih sering merasa haus karena cairan tersebut di butuhkan untuk ASI, tah heran Jika kurang cairan Mom akan mengalami rasa lelah yang berlebihan dan dehidrasi, jadi perbanyak minum air mineral ya Mom. jangan pernah menunda ketika Mom merasakan haus ya.

5. Hindari Minum kafein

Saat sedang menyusui si Buah Hati, sebaiknya Mom sangat di anjurkan untuk  menghindari mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein. Jenis makanan dan minuman yang mengandung zat kafeina antara lain kopi, teh, soda, dan cokelat. Jika Mom memang pencinta minum teh atau kopi, perhatikan yah takarannya sehingga tidak terlalu banyak dalam satu hari.

Kalau bisa tidak sama sekali mengkonsumsinya.

6. Olahraga Ringan

Olahraga sangat penting bagi siapapun, Karena dengan berolahraga system peredaran darah akan lancer, apalagi yang sedang menyusui, Mom dianjurkan untuk melakukan olahraga.

Dengan berolahraga, otot-otot yang mengendur di tubuh Mama pasca-melahirkan bisa kencang kembali dan lagi massa tulang Mom bisa lebih padat. Lakukan olahraga yang ringan seperti jogging, Sit-Up, Push-Up, Yoga, Senam,bersepeda.

Sangat Mudah kan Mom melakukan diet sembari menyusui si Buah Hati.

Asalkan Mom bisa konsisten dan disiplin untuk menerapkan gaya hidup sehat seperti di atas, bisa jadi dalam waktu dekat berat badan Mom akan kembali seperti dulu lagi.

Referensi : https://www.popmama.com/pregnancy/birth/riska-sartika/cara-diet-sehat-dan-aman-bagi-ibu-menyusui

6 Aturan Diet Sehat untuk Ibu Menyusui

Pusat Iklan Bandung

PusatIklanBandung.com adalah Direktori Pasang Iklan Gratis dan Berbayar

leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Create Account



Log In Your Account



%d bloggers like this: