PERAWATAN WAJAH MENGGUNAKAN MADU

PERAWATAN WAJAH MENGGUNAKAN MADU

perawatan wajah dengan madu
Sumber : Pixabay.com

PERAWATAN WAJAH MENGGUNAKAN MADU – Madu merupakan salah satu bahan alami yang memiliki rasa manis yang dihasilkan oleh beberapa jenis serangga, misalnya seperti lebah dan tawon. Madu sangat disukai banyak orang karena rasa nya yang manis tentunya serta didalam madu terdapat kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh kita, seperti vitamin A, C, D, dan kalsium. Madu  juga merupakan bahan makanan yang dapat dikonsumsi secara internal, meski ia mengandung banyak sekali gula (sekitar 90% madu murni terdiri dari fruktosa dan glukosa), Kalian tidak perlu khawatir karena gula tersebut tidaklah seperti yang ada pada makanan diproses lainnya. Dan karena vitamin, mineral, serta banyak lagi kandungan bermanfaat lainnya yang terdapat dalam madu

Madu tidak hanya untuk dimakan dan diminum saja, tetapi bisa juga dijadikan produk kecantikan yang alami. Tidak hanya madu buah-buahan lain pun bisa digunakan untuk perawatan wajah lainnya seperti  PERAWATAN WAJAH DENGAN MENTIMUN  dan PERAWATAN WAJAH DENGAN ALPUKAT buah ini juga punya khasiat yang bagus untuk wajah seperti madu. Biasanya madu dijadikan masker untuk mendapatkan kulit wajah yang tampak cerah. Madu menjadi produk perawatan wajah karena mengandung antioksidan yang dapat melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari. Selain itu, masih ada banyak lagi manfaat yang dihasilkan dari madu alami

Tidak hanya itu Madu juga mampu mencegah kulit wajah seseorang menjadi kering karena madu dipercaya mampu menjaga kelembapan kulit wajah dan membuat lebih halus dan lembut saat disentuh. Selain itu, madu juga dijadikan sebagai pemutih wajah alami dengan menjadikannya sebuah masker jika digunakan secara rutin. Selain itu, madu juga dapat menghilang luka dan jerawat. Oleh karena madu membantu membentuk kolagen pada kulit seghingga mampu menghilangkan bekas luka dan jerawat dan memiliki sifat antibakteri yang dapat mengobati luka dan mengatasi sel-sel kulit mati. Madu juga memiliki khasiat untuk mencegah bentuk-bentuk penuaan pada kulit wajah. Selain manfaatnya yang banyak tersebut, madu dijadikan sebuah ikon sebagai perawatan wajah terutama untuk dijadikan masker wajah. Berikut adalah masker-masker perawatan wajah yang menggunakan madu sebagai bahan dasar pembuatannya.

Ada banyak sekali manfaat madu untuk wajah dan kulit yang bisa kita dapatkan, mulai dari mengatasi kulit yang kering bersisik hingga menghilangkan jerawat.

Menggunakan madu untuk perawatan wajah diyakini sebagai salah satu cara alami yang aman dan bebas efek samping namun punya khasiat yang cukup menakjubkan.

Berikut ini adalah 10 manfaat madu untuk perawatan wajah :

1. Melembapkan kulit wajah

Kulit wajah yang kering adalah awal dari berbagai masalah pada wajah. Kondisi yang terlalu kering pada kulit bisa memicu terjadinya iritasi yang menyebabkan wajah menjadi memerah, gatal, bahkan meradang. Bahkan jika tidak diberikan perawatan kulit yang terlalu kering bisa terlihat seperti bersisik.

Orang dengan jenis kulit juga tetap bisa terkena jerawat. Jadi jika selama ini jerawat sering dikait-kaitkan dengan wajah berminyak, ternyata orang dengan kulit yang kering juga tidak serta-merta terbebas darinya.

Jerawat bisa muncul kapan saja jika pori-pori tersumbat oleh sebum, kotoran, sel kulit mati, dan partikel lain. Keadaan ini akan mengundang datangnya bakteri sehingga terbentuklah jerawat.

Beruntunglah kita punya madu, salah satu pelembab alami terbaik yang bisa mengatasi masalah kulit kering di atas. Manfaat madu untuk melembapkan wajah berasal dari kandungannya yang amat kompleks, terdiri dari mineral, gula sederhana, vitamin, mineral, enzim, dan antioksidan.

Ketika diaplikasikan sebagai pelembab wajah, madu tidak hanya mengatasi kekeringan saja tetapi juga mengikat kelembapan tetap berada di permukaan kulit lebih lama. Nutrisi pada madu juga mudah diserap kulit sehingga membuatnya menjadi lebih lembut.

2. Mengatasi iritasi pada wajah

Manfaat madu untuk wajah yang selanjutnya adalah mampu mengatasi iritasi pada wajah. Madu mengandung zat anti inflamasi (anti peradangan) alami yang bisa bekerja pada kulit wajah. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kulit yang mengalami iritasi akibat paparan sinar matahari (UV).

Sinar ultraviolet bisa menembus hingga ke dermis, bagian yang dalam dari kulit. Jika hal ini terjadi terlalu lama dalam intensitas yang tinggi maka bisa merusak jaringan tersebut, dan menimbulkan efek terbakar, kemerahan, dan iritasi. Dalam jangka panjang paparan UV berlebihan ini juga bisa memicu terjadinya kanker kulit.

Beberapa studi sudah menunjukkan jika madu bisa digunakan untuk mengobati luka bakar, mempercepat penyembuhannya, dan mengurangi keparahan bekasnya. Hal ini juga diyakini bisa bekerja pada wajah yang mengalami iritasi akibat paparan sinar matahari.

Madu bisa mengatasi wajah merah secara alami, mengurangi iritasi dan peradangan, bahkan khasiat anti bakteri pada madu juga bisa mencegah terjadinya infeksi.

3. Mencegah kanker kulit

Manfaat madu untuk wajah dan kulit yang selanjutnya adalah mencegah terjadinya kanker kulit. Kanker kulit bisa terjadi karena banyak faktor, salah satunya adalah paparan sinar UV yang berlebihan.

Sinar UV yang menembus kulit dalam intensitas tinggi bisa memicu reaksi radikal bebas yang merusak sel-sel kulit, bahkan hingga ke tingkat DNA. Hal ini dalam jangka panjang akan menyebabkan mutasi sel yang berujung pada tumbuhnya sel-sel kanker.

Lalu mengapa madu bisa berpotensi untuk mencegah kanker kulit ini?

Madu kaya akan kandungan antioksidan alami seperti phenolic acid dan flavonoid yang bisa mencegah dampak buruk dari radikal bebas yang merusak kulit. Madu juga bisa meningkatkan sistem imun pada sel-sel kulit yang membuatnya lebih kebal dari serangan kanker. Sebuah studi juga menunjukkan hasil jika madu berpotensi untuk mencegah terjadinya kerusakan DNA pada kulit.

4. Memudarkan bopeng bekas jerawat

Manfaat madu untuk wajah yang selanjutnya adalah membantu menghilangkan bopeng, bekas luka, bekas jerawat, dan flek hitam.

Jerawat seringkali meninggalkan bekas di wajah baik berupa flek, lubang-lubang kecil, atau bahkan scars atau bopeng. Jenis jerawat yang parah biasanya menyebabkan luka yang dalam hingga bagian dermis, apabila saat penyembuhan sel-sel kulit tidak beregenerasi dengan sempurna maka akan menyebabkan cekungan atau bopeng sebagai bekasnya.

Madu bisa berperan untuk mempercepat proses penyembuhan jerawat yang parah tersebut, terutama pada jenis jerawat yang mengalami peradangan karena khasiat anti inflamasi yang ada di dalamnya, sehingga madu berpotensi mencegah munculnya bekas bopeng di wajah.

Selain itu, penggunaan madu juga diyakini bisa memudarkan bekas jerawat di wajah karena kandungan nutrisinya yang kompleks bisa membantu kulit meregenerasi sel-sel yang baru.

Namun sayangnya, jika bopeng yang ada di wajah itu sudah terlalu parah dan dalam, sepertinya madu tidak bisa banyak membantu. Untuk mengatasinya Anda bisa menempuh cara medis menghilangkan bopeng dengan metode laser, injeksi kolagen, atau mikrodermabrasi.

5. Menghilangkan jerawat secara alami

Dari sekian banyak cara menghilangkan jerawat secara alami, menggunakan madu adalah cara paling favorit yang terbilang aman dan bebas efek samping. Anda bisa menggunakan masker madu murni untuk mengatasi jerawat, terutama yang mengalami peradangan.

Manfaat madu untuk mengatasi jerawat di wajah berasal dari kandungan zat anti inflamasi dan anti bakteri yang dimilikinya. Ketika diaplikasikan pada jerawat, madu bisa meresap dengan baik ke dalam pori-pori tempat sumber jerawat berasal, kemudian menghentikan peradangan dan mematikan bakteri-bakteri penyebab jerawat di dalamnya.

Kemampuan madu dalam mempercepat penyembuhan juga berpotensi untuk mempersingkat durasi jerawat, sehingga jerawat bisa mengempis lebih cepat. Dengan kata lain madu bisa mencegah jerawat membesar karena peradangan atau infeksi yang mana bekasnya bisa menimbulkan lubang atau bopeng.

Madu juga bisa mengurangi dampak buruk kelebihan minyak pada wajah yang sering jadi penyebab jerawat. Hal ini karena adanya zat anti bakteri madu yang bisa mencegah bakteri penyebab jerawat berkembang pada kondisi wajah berminyak tersebut. Sifat higroskopis madu yang mampu mengikat dan menahan molekul air juga akan membantu menyeimbangkan kelembapan di wajah.

6. Mengurangi kerutan-kerutan di wajah

Manfaat madu untuk wajah yang selanjutnya adalah mengurangi kerutan-kerutan yang ada di wajah. Munculnya kerutan terjadi ketika kulit wajah sudah kehilangan elastisitasnya, akibatnya kulit menjadi kendur dan muncul keriput.

Untuk mengatasi hal ini madu diyakini cukup potensial, kandungan antioksidan madu bisa mencegah kerusakan kulit yang terjadi akibat radikal bebas. Zat antioksidan pada madu juga membantu sel-sel bisa beregenerasi dengan baik sehingga elastisitas kulit tetap terjaga.

7. Mencegah penuaan dini pada kulit

Manfaat madu untuk kulit yang selanjutnya adalah mencegah terjadinya penuaan dini pada kulit. Madu kaya akan mineral, vitamin, enzim, dan nutrisi lain yang dibutuhkan kulit, sehingga menggunakan madu pada wajah bisa menjaganya tetap sehat dan mencegah kulit kekurangan nutrisi.

Penuaan pada kulit yang ditandai dengan keriput, kulit menjadi kendur, dan muncul garis-garis di wajah memang proses alami yang pada akhirnya akan dialami semua orang, namun beberapa faktor kadang bisa membuatnya datang lebih cepat.

Efek polusi dan radikal bebas yang bisa merusak sel-sel kulit lebih cepat adalah salah satunya. Untungnya madu punya kandungan antioksidan yang tinggi untuk melawan radikal bebas tersebut. Menggunakan masker madu pada wajah secara rutin diyakini bisa mencegah penuaan dini terjadi.

8. Membuat kulit wajah lebih cerah

Madu memiliki khasiat untuk menangkal efek buruk dari paparan sinar UV yang menjadi penyebab kulit menjadi gelap. Kandungan antioksidan pada madu bisa mengatasi kerusakan sel akibat radiasi UV.

Selain itu kandungan nutrisi dan enzim pada madu juga bisa mempercepat proses regenerasi kulit sehingga penumpukan sel-sel kulit mati yang sering menyebabkan spot hitam bisa dikurangi. Senyawa alpha-hidroxyl acid pada madu membantu mempercepat proses pencerahan wajah dengan mengelupaskan sel-sel kulit mati.

Madu juga merupakan pencerah wajah secara alami yang aman dibandingkan menggunakan obat-obatan, Anda akan merasakan efek memakai masker madu bertahan lebih lama bahkan setelah dibilas dan membuat kulit lebih cerah.

9. Mengobati luka dan mencegah infeksi

Manfaat madu untuk kulit dan wajah yang selanjutnya adalah bisa digunakan sebagai obat luka dan anti infeksi. Penelitian telah membuktikan jika madu mengandung senyawa anti bakteri alami yang ampuh untuk mengatasi bakteri penyebab infeksi pada luka serta mempercepat proses penyembuhannya.

Hal ini akan sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya bekas luka yang merusak penampilan wajah. Karena terkadang luka kecil jika berada di bagian wajah bisa menimbulkan bekas yang cukup mengganggu, apalagi jika luka tersebut sempat mengalami infeksi dan melebar. Nah dengan madu hal ini bisa diatasi dengan cara yang lebih alami dan aman.

10. Sebagai exfoliator untuk membersihkan pori-pori kulit wajah

Manfaat madu untuk wajah yang terakhir yakni bisa digunakan sebagai pembersih pori-pori atau exfoliator yang ampuh dan menyehatkan. Masker madu jika digunakan pada wajah bisa mengikat dan mengangkat minyak, kotoran, dan sel-sel kulit mati yang sering menjadi penyebab jerawat.

Baca Juga >> 10 PANTAI DI JAWA BARAT

perawatan madu 3
Sumber : Pixabay.com

Kandungan Zat Nutrisi Madu – PERAWATAN WAJAH MENGGUNAKAN MADU

  • Energi
  • Karbohidrat
  • Gula
  • Serat pangan
  • Lemak
  • Protein
  • Air
  • Riboflavin (Vit. B2)
  • Niasin (Vit. B3)
  • Asam Pantotenat (B5)
  • Vitamin B6
  • Folat (Vit. B9)
  • Vitamin C
  • Kalsium
  • Besi
  • Magnesium
  • Fosfor
  • Kalium

Variasi Masker Madu – PERAWATAN WAJAH MENGGUNAKAN MADU

1. Masker Madu dan Susu

Ramuan masker yang dibuat dari madu dan susu dapat menjadikan kulit lebih cerah dan jauh dari kekusaman. Susu mengandung lactic acid yang penting untuk meremajakan dan mencerahkan kulit secara alam

Alat dan Bahan:

  • Sendok
  • Mangkuk Kecil
  • Handuk
  • Kuas
  • 1 sendok makan madu organic
  • 1 sendok teh susu bubuk full cream

Cara Membuat :

1. Aduk rata sesendok makan madu dan sesemndok teh susu bubuk full cream. Gunakan wadah dan sendok yang steril agar masker tidak terkontaminasi bakteri.
2. Oleskan masker pada wajah yang sudah dibersihkan secara seksama.
3. Diamkan masker selama 15-20 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih.
4. Keringkan wajah dengan ditepuk-tepuk handuk bersih. Setelah itu lanjutkan dengan memakai toner, disusul serum atau pelembap wajah.

 

2. Masker Madu dan Jeruk Nipis

Jika kamu ingin merawat wajah dengan bahan-bahan alami, coba resep masker dari buah jeruk nipis. Kombinasikan dengan madu organik murni yang memiliki khasiat antiseptik dan antibakteri.

Alat dan Bahan:

  • Sendok
  • Mangkuk Kecil
  • Handuk
  • Kuas
  • 1 sendok teh air perasan jeruk nipis segar

Cara Membuat :

1. Campur air perasan jeruk nipis dan madu hingga menjadi pasta dengan kekentalan pas.|
2. Oleskan di wajah dan diamkan selama 15 menit.
3.Setelah itu bilas kembali wajah dengan air bersih.

Pakailah masker ini setidaknya seminggu sekali agar Anda mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Masker Madu dan Kunyit

Menurut artikel dari situs kesehatan Healthline, sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa kunyit juga berperan terhadap kesehatan jaringan kulit dan produksi kolagen. Kombinasikan dengan madu untuk memudarkan bekas jerawat, menjadikan kulit glowing, dan awet muda.

Alat dan Bahan:

  • Sendok
  • Mangkuk Kecil
  • Handuk
  • Kuas
  • 4 sendok teh kunyit bubuk
  • 2 sendok teh susu cair
  • 4 sendok teh madu organik

Cara Membuat:

  1. Campur kunyit bubuk dengan susu cair dan madu organik.
  2. Aduk hingga tercampur rata dan masker pun siap digunakan.
  3. Usapkan campuran masker pada wajah, diamkan selama 10 sampai 15 menit,
  4. Dan bilas dengan air dingin hingga bersih.

4. Masker Madu dan Pisang

Pisang dan madu sama-sama kaya akan pelembap alami yang baik untuk menjadikan wajah terasa lembap dan kenyal.

Alat dan Bahan:

  • Sendok
  • Mangkuk Kecil
  • Handuk
  • Kuas
  • 1/2 buah pisang matang (jenis apa saja)
  • 1 sendok makan madu murni

Cara Membuat:

  1. Haluskan setengah buah pisang matang dan campurkan dengan 1 sendok makan madu.
    Terapkan masker ini ke seluruh wajah dan leher,
  2. Lalu biarkan selama 10-15 menit. Bilas wajah dengan air dingin
  3. Lalu keringkan dengan ditepuk-tepuk handuk bersih.

5. Masker Madu dan Oatmeal

Madu dan oatmeal sama-sama bisa menenangkan kulit yang mengalami sunburn atau iritasi, sekaligus menjadikannya bercahaya.
Berikut ini cara memanfaatkan keduanya untuk mendinginkan kulit yang terbakar matahari.

Alat dan Bahan:

  • Sendok
  • Mangkuk Kecil
  • Handuk
  • Kuas
  • 1/2 cangkir oatmeal
  • 3-5 sendok makan madu murni

Cara Membuat:

  1. Rebus satu cangkir oatmeal hingga kental dan lunak,
  2. lalu kombinasikan dengan madu murni.
  3. Oleskan pada wajah dan leher dan biarkan selama 10 sampai 15 menit. Bilas wajah dengan air hangat.

6. Masker Madu dan Mentimun

Jika Anda bermasalah dengan pori-pori yang tampak lebar dan berkomedo, rawat dengan masker madu dan mentimun.

Alat dan Bahan:

  • Sendok
  • Mangkuk Kecil
  • Handuk
  • Kuas
  • 3-5 iris mentimun segar
  • 1 sendok makan madu murni

Cara Membuat:

  1. Campurkan satu sendok makan madu dan beberapa iris timun segar yang sudah dihaluskan sebagai masker peringkas pori
  2.  Aplikasikan pada wajah dan biarkan sampai 15 menit,
  3.  lalu bilas dengan air dingin.

Baca Juga >> 10 MASALAH KULIT WANITA

Referensi :
https://prelo.co.id
https://klinikkecantikan.co.id
https://www.wikipedia.web.id

Ajeng Kartini

leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Create Account



Log In Your Account



%d bloggers like this: