PERAWATAN WAJAH DENGAN MENTIMUN

PERAWATAN WAJAH DENGAN MENTIMUN

Tips perawatan wajah dengan mentimun2

Banyak yang masih bingung mentimun itu termasuk kedalam golongan sayur atau buah sama hal nya dengan buah tomat. Beberapa ahli menyatakan bahwa mentimun termasuk kedalam golongan buah. Terlepas dari kebingungan bahwa mentimun itu sayur ataupun buah ternyata, Mentimun adalah buah yang kaya akan manfaat . Salah satunya mentimun bisa dijadikan masker wajah yang memiliki segudang khasiat untuk memelihara kesehatan dan kecantikan kulit wajah.

Bagian tengah mentimun mengandung banyak air, vitamin C, vitamin A, folat, dan asam kafeik yang memiliki sifat antiradang dan antioksidan. Jadi, tidak heran jika mentimun sering kali diiris tipis dan ditempelkan ke wajah atau mata yang lelah. Bahkan menggunakan masker mentimun dipercaya mampu menyejukkan kulit, mengurangi iritasi dan kulit bengkak, serta mengobati jerawat dan kulit terbakar.

Manfaat Masker Timun Untuk Wajah

Dengan kandungan vitamin dan mineral yang lengkap, mentimun sangat cocok dijadikan masker pada wajah. Vitamin dan mineral yang diserap melalui pori-pori kulit bermanfaat meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Adapun manfaat-manfaat masker mentimun untuk wajah, sebagai berikut:

1. Mencerahkan kulit wajah secara alami

Apa Anda tahu cara mencerahkan kulit wajah secara alami? Gunakan masker mentimun. Manfaatnya secara alami mencerahkan wajah sudah banyak diketahui orang, khususnya para wanita yang akhir-akhir ini marak memanfaatkan perawatan herbal ini. Kandungan anti oksidan dan silika pada timun akan menyerap minyak berlebih dari pori-pori kulit wajah yang membuat wajah tampak lebih putih dan cerah hingga pada bagian kulit lingkaran mata. Untuk itu disarankan agar Anda menggunakan masker mentimun secara rutin dan teratur, minimal 1 kali dalam 1 hari.

2. Mengangkat komedo dan jerawat

Komedo dan jerawat tentu mengganggu dan kadang juga membuat Anda kurang percaya diri dan bahkan sering menarik diri dari pergaulan. Bagaimana cara menghilangkan komedo secara alami? Anda perlu menggunakan masker mentimun untuk wajah. Dengan efek anti-inflamasi, parutan timun mampu mencegah dan mengangkat komedo dan jerawat. Gunakan secara teratur 2-3 kali dalam seminggu.

3. Melembabkan kulit wajah

Tingginya kandungan air dalam buah mentimun menghasilkan hidrating dan pelembab alami yang sangat unik. Lalu bagaimana cara melembabkan wajah yang kering dan kusam? Jawabanya adalah mentimun. Masker mentimun yang dioleskan secara merata membuat wajah menjadi lembab dan tidak kering. Selain itu kandungan potasium di dalamnya mencegah kulit kering dan kusam. Dalam hal ini disarankan agar Anda menggunakan masker mentimun 1 kali dalam satu hari.

4. Mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah

Masker mentimun mampu mengangkat sel-sel kulit mati pada pori-pori wajah karena mentimun mengandung asam amino dan mineral. Sel kulit mati yang terendap dalam pori-pori bisa menyebabkan wajah menjadi kasar dan jerawat. Agar bisa maksimal manfaatnya maka disarankan kepada Anda agar menggunakan masker timun 1 kali dalam satu hari.

5. Mencegah iritasi kulit wajah akibat terpapar sinar matahari

Masker mentimun bermanfaat mencegah iritasi akibat paparan sinar matahari, seperti menghilangkan bintik-bintik hitam pada wajah. Ini disebabkan efek dingin dalam buah mentimun yang diserap pori-pori kulit wajah, memperkecil pori-pori dan meminimalisir panas matahari. Selain itu, kandungan Vitamin C dan Biotin di dalamnya mampu menetralisir radikal bebas. Disarankan kepada Anda agar menggunakan masker timun sebelum melakukan aktifitas di luar ruangan.

6. Penuaan dini pada wajah

Bagaimana cara mencegah penuaan dini pada wajah? Jawabanya adalah dengan menggunakan masker mentimun pada wajah yang dilakukan secara rutin, 2-3 kali dalam seminggu, maka niscaya kulit wajah kita akan tampak lebih muda. Hal ini disebabkan timun mengandung silika yang bermanfaat sebagai anti kerut yang dapat mencegah penuaan dini pada wajah.

Itulah beberapa manfaat dari penggunaan masker timun untuk wajah. Demi kecintaan kita terhadap kulit wajah yang sehat, maka masker mentimun perlu menjadi alternatif perawatan alami yang baik bagi kulit wajah. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Baca Juga >> TIPS DIET ALAMI CEPAT DAN AMAN

Cara membuat masker wajah mentimun

1.Masker wajah mentimun dasar

Resep ini mungkin pilihan yang baik jika Anda mencari cara cepat dan mudah untuk menyegarkan atau meremajakan kulit Anda.

  • Haluskan atau haluskan setengah mentimun yang belum dikupas dalam blender atau food processor sampai menjadi pasta encer.
  • Pisahkan jus dari potongan padat dengan menuangkan campuran melalui saringan.
  • Oleskan jus mentimun ke wajah Anda yang baru dicuci. Biarkan masker menempel di kulit Anda selama 15 menit.
  • Cuci masker dengan air dingin atau hangat dan tepuk-tepuk wajah Anda hingga kering dengan kain lembut.

3.Masker wajah mentimun dan lidah buaya

  • Masker ini mungkin sangat bermanfaat jika Anda memiliki kulit kering, karena lidah buaya dapat meningkatkan hidrasi.
  • Haluskan atau haluskan setengah mentimun yang belum dikupas dalam blender atau food processor sampai menjadi pasta encer.
  • Pisahkan jus dari potongan padat dengan menuangkan campuran melalui saringan.
  • Tambahkan 2 sendok makan gel lidah buaya ke dalam campuran. Blender hingga halus.
  • Oleskan masker ke wajah Anda dan pijat dengan lembut. Biarkan masker menempel di kulit Anda selama 15 menit.
  • Bilas masker menggunakan air dingin. Tepuk-tepuk wajah Anda hingga kering dengan kain lembut.

3.Masker wajah mentimun, oatmeal, dan madu

Resep ini mungkin pilihan yang bagus untuk kulit yang rentan berjerawat. Bersama dengan khasiat astringen mentimun, oatmeal dapat membantu pengelupasan kulit dan mengangkat sel kulit mati, sedangkan madu dapat bekerja untuk menyeimbangkan bakteri pada kulit Anda.

  • Haluskan atau haluskan setengah mentimun yang belum dikupas dalam blender atau food processor sampai menjadi pasta encer.
  • Pisahkan jus dari potongan padat dengan menuangkan campuran melalui saringan.
  • Tambahkan 1 sendok makan oatmeal ke dalam campuran. Aduk oatmeal dan jus mentimun hingga lembut.
  • Tambahkan 1 sendok makan madu ke dalam campuran dan aduk hingga tercampur rata.
  • Oleskan campuran tersebut ke wajah dan leher Anda, dan pijat dengan lembut menggunakan ujung jari Anda. Biarkan masker menempel di kulit Anda selama 15 menit.
  • Bilas masker dengan air hangat. Tepuk-tepuk wajah Anda hingga kering dengan kain lembut.

Untuk hasil terbaik, selalu bersihkan kulit Anda dengan saksama sebelum menggunakan masker dan pastikan Anda telah menghapus semua riasan.

Saat mengoleskan masker wajah mentimun, pijat perlahan masker ke kulit Anda dengan gerakan melingkar kecil. Ini membantu bahan menembus pori-pori Anda. Ini juga merangsang aliran darah di permukaan kulit Anda.

Biarkan masker menempel di kulit Anda selama 10 hingga 15 menit, lalu bilas dengan air hangat atau dingin. Jangan gunakan air panas. Ini bisa mengiritasi dan mengeringkan kulit Anda.

Jangan menggunakan masker wajah lebih dari dua atau tiga kali seminggu. Penggunaan berlebihan dapat mengiritasi kulit Anda atau mengganggu keseimbangan alami minyak.

Referensi :
https://www.alodokter.com/manfaat-masker-mentimun-untuk-kulit-wajah
https://klinikkecantikan.co.id/vitamin-dan-nutrisi/buah-sehat/manfaat-mentimun-untuk-wajahh
https://id.drderamus.com/cucumber-face-mask-20142

 

Ajeng Kartini

leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Create Account



Log In Your Account



%d bloggers like this: