PERAWATAN WAJAH DENGAN ALPUKAT

PERAWATAN WAJAH DENGAN ALPUKAT

Perawatan wajah dengan alpukat1

Buah Alpukat ternyata tidak hanya lezat untuk kita santap tapi juga mengandung banyak  nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kulit. Lain kali jika Anda berpikir untuk membuang alpukat matang ke tempat sampah, jangan lakukan.
Alpukat adalah makanan super yang sarat dengan lemak baik, asam lemak omega, vitamin, dan banyak nutrisi lainnya. Dan bisa meredakan kulit wajah kemerahan, peradangan atau bruntusan, jerawat dan kulit kering bersisik. Serta kandungan vitamin C dan E, lemak tak jenuh dan nutrisi lain didalamnya bermanfaat sebagai antioksidan yang bermanfaat untuk menangkal efek sinar UV dan radikal bebas, melembabkan serta melindungi kesehatan kulit wajah. Buah alpukat biasa dimanfaatkan dengan digunakan sebagai masker untuk wajah.

Adapun manfaat yang dimiliki buat berbiji besar ini sangat banyak diantaranya :

 

Manfaat Alpukat Bagi Kecantikan

1. Mengurangi Produksi Minyak Berlebih

Jenis minyak berminyak dapat menjadi salah satu pemicu munculnya jerawat diwajah. Tahukah anda jika alpukat juga bermanfaat untuk membantu mengurangi produksi minyak berlebih diwajah. Cara yang digunakan untuk mengurangi produksi minyak diwajah adalah dengan gunakan lemon, putih telur dan alpukat, lumatkan lalu aplikasikan pada wajah sebagai masker, diamkan hingga 15-20 menit lalu bilas hingga bersih.

2. Menghaluskan Kulit Wajah

Alpukat juga bisa dimanfaatkan untuk membantu menghaluskan kulit wajah akibat radikal bebas dan paparan sinar UV terlalu lama. Penggunaan masker alpukat berperan untuk mempercepat proses regenerasi kulit dengan mengangkat sel kulit mati sehingga kulit akan terasa lebih halus dan lembut

3. Menjaga Kesehatan Kulit Wajah

Kandungan dalam alpukat seperti vitamin E, K, seng, zat besi dan nutrisi lainnya bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit seperti menjaga kesehatan wajah. Kesehatan wajah menjadi hal yang diperhatikan khususnya bagi wanita karena meningkatkan rasa percaya diri. Manfaat ini bisa didapatkan dengan mengkonsumsi alpukat secara langsung atau dengan menggunakan alpukat sebagai masker wajah.

4.Membersihkan Kotoran di Wajah

Saat sedang menggunakan masker alpukat, saraf-saraf pada wajah akan beristirahat sehingga menjadi lebih tenang. Setelah masker dibersihkan, otomatis kotorang pada wajah akan ikut terbuang melalui sisa-sisa masker. Hal inilah yang membuat wajah menjadi lebih bersih. Wajah yang bersih akan terhindari dari berbagai macam gangguan kesehatan kulit seperti bejerawat hingga minyak berlebih.

5.Melembabkan Kulit

Alpukat memiliki kandungan mineral penting yang bermanfaat baik untuk mengatasi masalah kulit kering. Mengaplikasikan masker alpukat pada wajah bermanfaat baik untuk melembabkan kulit wajah sehingga wajah akan terlihat lebih segar dan sehat. Perawatan rutin dengan alpukat bermanfaat baik untuk menjaga kelembaban kulit wajah dalam waktu cukup lama sehingga anda tidak perlu menambahkan make up sebagai pelembab wajah.

6.Mencegah Penuaan Dini

Salah satu kandungan dalam alpukat yang baik untuk kesehatan wajah adalah kolagen. Dengan rutin menggunakan masker alpukat, maka kandungan kolagen didalamnya akan bermanfaat untuk mencegah penuaan dini. Selain itu, kolagen juga bermanfaat untuk mencegah munculnya kerutan di lingkar mata.

7.Menjaga Kekenyalan Kulit

Alpukat tinggi kandungan mineral dan kalium yang keduanya bermanfaat baik untuk menjaga kecantikan wajah. Rutin melakukan perawatan wajah dengan alpukat akan membuat kulit terjaga elastisitasnya sehingga terhindar dari kerusakan. Selain itu, masker alpukat juga bermanfaat untuk menjaga kulit wajah tetap kenyal sehingga akan tampak awet muda.

8.Membuat Wajah Tampak Bersinar

Alpukat memiliki banyak kandungan manfaat yang baik untuk kecantikan, salah satunya adalah untuk membuat wajah tampak lebih bersinar. Selain membersihkan kotoran diwajah, masker alpukat juga dapat meremajakan kulit sehingga membuat wajah akan tampak bersinar.

9.Sumber Antioksdian Alami

Alpukat tinggi kandungan vitamin E dan karotenoid yang berperan untuk menagkal radikal. Selain itu, lutein dalam alpukat juga berperan untuk menjaga kulit tetap elastis. Seperti yang kita ketahui jika radikal bebas sangat berbahaya bagi kulit seperti mampu mempercepat penuaan dini hingga menyebabkan kanker kulit.

Baca Juga >> 5 Jenis Diet yang Wajib Kamu Coba

Cara Membuat dan Macam-macam Variasi Masker Alpukat

Jenis kulit setiap orang-orang pastilah berbeda, maka cara perawatan yang dilakukan juga berbeda. Bagi anda pemiliki kulit normal mungkin akan baik-baik saja menggunakan perawatan apapun, namun untuk jenis kulit berminyak dan kulit kering ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti komposisi bahan yang digunakan. Berikut ini adalah masker alpukat untuk jenis kulit kering dan kulit berminyak yang bisa digunakan.

perawatan wajah dengan alpukat 2

1. Masker Alpukat dan Susu Murni

Susu murni mengandung banyak manfaat dan khasiat untuk tubuh. Dan tentu saja, susu murni juga sangat baik untuk kulit. Perpaduan susu dan alpukat akan membantu mencerahkan kulit wajah, lho. Coba resep ini, yuk! Cara membuatnya pun sangat mudah.
Campurkan alpukat yang sudah dihaluskan dengan 2 sendok makan susu cair. Kemudian oleskan masker pada wajah yang sudah dibersihkan, dan diamkan selama 30 menit. Kemudian bilas wajah dengan air hangat hingga bersih. Gunakan masker secara teratur agar hasil lebih maksimal.

2.  Masker Alpukat dan Tomat

Kesal karena kulit wajah berminyak sekaligus kering? Tahukah kamu, kulit dapat menghasilkan minyak berlebih saat kulit wajah mengalami dehidrasi. Pada saat mengalami ini kamu bisa mencoba masker kombinasi tomat dan alpukat yang sangat ampuh mengurangi minyak pada wajah, namun juga mampu melembapkan kulit.
Cara membuat masker yang satu ini pun sangat mudah. Kamu hanya perlu menghaluskan tomat dan alpukat, lalu oleskan pada seluruh wajah. Diamkan sekitar 30 menit, kemudian bilas hingga bersih.

3. Masker Alpukat dan Madu

Kandungan alpukat sangat baik untuk memperlambat proses penuaan dini dan juga antiinflamasi yang bisa mengurangi peradangan jerawat. Sedangkan madu ampuh sebagai anti bakteri sekaligus antiseptik alami. Kombinasi kedua bahan ini sangat baik untuk memulihkan kulit kering dan mengelupas.
Untuk membuat masker ini, campurkan alpukat yang telah dihaluskan dengan sesendok makan madu. Setelah itu oleskan masker pada wajah, lalu diamkan kurang lebih selama 30 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat hingga bersih.

4. Masker Alpukat dan Minyak Almond

Kamu mengalami rambut rontok? Kalau begitu coba masker yang satu ini, deh. Kombinasi minyak almond dan alpukat dapat menyuburkan rambut sekaligus juga dapat mencegah kerontokan rambut. Jika digunakan secara teratur masker alpukat dan minyak almond ini dapat melebatkan rambut.
Blender halus alpukat dan 2 cangkir santan, lalu tambahkan 3 sendok makan minyak almond. Kemudian oleskan masker pada rambut hingga merata dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu bersihkan rambut menggunakan sampo. Untuk hasil maksimal, gunakan masker ini 2 kali dalam sebulan.

5. Masker Alpukat dan Yoghurt

Selain baik untuk pencernaan, yoghurt juga sangat dianjurkan untuk merawat kecantikan kulit wajah. Kandungan pada yoghurt dapat mengencangkan, melembabkan, dan juga mengencangkan kulit wajah.

Cara membuatnya pun sangat mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan setengah alpukat matang yang sudah dihancurkan. Kemudian campur alpukat dengan 1 sendok makan madu dan 1 sendok makan yoghurt. Aduk rata lalu oles pada wajah dan leher. Biarkan hingga 15 menit kemudian bilas dengan air hangat.

6. Masker Alpukat dan Oatmeal

Siapa sangka jika oatmeal tak hanya dikenal sebagai makanan yang bernutrisi untuk kesehatan, namun juga sangat baik untuk kulit. Dengan mencampurkan oatmeal dan alpukat, kamu akan mendapatkan masker alami wajah yang berfungsi untuk melembabkan kulit.

Membuat masker ini pun sangat mudah, kok. Siapkan setengah cangkir oatmeal lalu seduh menggunakan air hangat, namun pastikan tidak membuat campuran yang terlalu encer. Kemudian campurkan oatmeal dengan alpukat yang sudah dihaluskan. Setelah itu oleskan pada wajah, kemudian tunggu selama 15 menit. Lalu bilas hingga bersih dengan air hangat.

7. Masker Alpukat dan Minyak Zaitun

Minyak zaitun dikenal sebagai bahan yang paling baik untuk melembabkan dan memperbaiki kulit kering. Alpukat sendiri adalah sumber asam oleat dimana zat ini dapat mengurangi LDL dan menaikkan HDL. Padanan dua bahan ini ampuh menjauhkan kulit wajah dari masalah keriput dan kulit kasar. Kenakan masker ini 3 kali seminggu agar kulit wajah kembali lembap.

Cara membuatnya pun sangat mudah, yaitu siapkan alpukat yang sudah dihaluskan kemudian campur dengan 3 sendok makan minyak zaitun. Aduk rata kedua bahan lalu oleskan pada wajah hingga kering. Setelah itu cuci bersih wajah menggunakan air hangat.

8. Masker Alpukat dan Putih Telur

Putih telur mengandung enzim yang mampu membunuh bakteri penyebab jerawat. Sedangkan kandungan proteinnya dapat memperbaiki jaringan kulit yang rusak. Magnesium putih telur juga dapat membuat wajah lebih bersinar. Jika dikombinasikan dengan alpukat, maka masker ini ampuh menstimulasi aktivitas sel kulit sehingga dapat membuat kulit lebih lembab tanpa minyak berlebih.

Siapkan putih telur dari 1 butir telur, 1/4 buah alpukat yang dihaluskan, 1 sendok teh susu cair dan 1 sendok madu. Aduk rata semua bahan, kemudian oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu bilas hingga bersih menggunakan air hangat.

9. Masker Alpukat dan Jeruk Nipis

Tahukah kamu? Jeruk nipis juga dapat dipakai sebagai masker wajah. Kandungan asam amino pada jeruk nipis sangat baik untuk kulit. Jika dikombinasikan dengan alpukat yang memiliki kandungan minyak esensial alami, maka kamu akan mendapatkan masker yang dapat mencerahkan kulit.
Campurkan setengah buah alpukat yang sudah dihaluskan dengan 1 buah air jeruk nipis. Aduk rata kedua bahan lalu oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan. Tunggu selama 30 menit lalu bilas menggunakan air dingin. Gunakan masker 2 kali seminggu untuk perawatan maksimal.

10. Masker Alpukat dan Lada Merah

Lada merah jika dicampurkan alpukat bisa jadi masker yang sangat efektif, loh. Kombinasi keduanya sangat baik untuk menghilangkan noda hitam dan juga mengencangkan kulit. Selain itu kulit juga menjadi lebih halus.
Campur 1/2 buah daging alpukat yang dihaluskan dengan 1 sendok teh lada merah. Aduk rata kedua bahan dan oleskan pada wajah, kemudian diamkan selama 15 menit. Setelah itu bilas lalu pijat wajah dengan minyak almond.

Baca Juga >> TIPS DIET ALAMI CEPAT DAN AMAN

Referensi:
https://www.islampos.com/perawatan-wajah-dengan-masker-alami-dari-alpukat-203565/
https://www.halosehat.co.id/manfaat-alpukat-bagi-perawatan-kulit-wajah/
https://bp-guide.id/AXJ0BIeJ

 

Ajeng Kartini

leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Create Account



Log In Your Account



%d bloggers like this: