10 BAHAN ALAMI PERAWATAN WAJAH

10 BAHAN ALAMI PERAWATAN WAJAH

10 bahan alami 3

10 BAHAN ALAMI PERAWATAN WAJAH, Perawatan wajah umumnya dihubungkan dengan facial atau treatmen wajah di klinik kecantikan. Banyak orang yang tidak bisa untuk facial diklinik kecantikan karena biaya yang tidak murah. Nah jangan khawatir kalian masih bisa perawatan wajah dengan biaya terjangkau dan tetap berada dirumah loh, yaitu dengan menggunakan bahan-bahan alami. Perawatan wajah dengan bahan alami agar cantik dan mulus perlu dilakukan secara ekstra dengan memilih bahan-bahan berkualitas dan tidak berbahaya untuk kulit wajah kalian. Apalagi jika tipe kulit Anda adalah kulit sensitif, Meskipun kalian memakai berbagai macam  produk perawatan wajah mulai dari pelembab, krim anti-penuaan, serum, exfoliator, hingga pembersih wajah (facial foam).

Kalian juga harus mencoba memanjakan kulit wajah kalian dengan bahan-bahan alami, karena manfaatnya juga banyak untuk kesehatan kulit kalian. Bahan alami banyak mengandung vitamin yang sangat baik untuk wajah. Serta bisa menghemat biaya perawatan wajah kalian karena bahan-bahan yang digunakan terhitung murah dan mudah didapatkan juga. Banyak bahan-bahan yang bisa kalian gunakan untuk perawatan dirumah.

10 bahan alami

10 BAHAN ALAMI PERAWATAN WAJAH diantaranya :

1. Madu – Bahan Alami Perawatan Wajah

Madu mentah adalah salah satu sumber alami nutrisi, enzim, vitamin, dan asam. Manfaat madu mentah termasuk mengurangi jerawat, digunakan lebih sehat dan lebih berkhasiat Serta minim risiko dan ramah di kantong. Banyak bahan alami yang memiliki manfaat signifikan, dan mungkin akan mengejutkan ketika rutin diterapkan.

Dengan menggunakan produk berbahan alami secara teratur, tampilan kulit tak hanya menjadi cantik, tetapi juga meningkatkan kesehatan dari dalam, seperti menambah daya tahan UV dan merangsang sistem kekebalan tubuh. Bahanmelembapkan, mengandung antiseptik, mendorong penyembuhan luka, melawan alergi atau ruam, dan mengurangi bekas luka. Kandungan antimikroba pada madu mentah sangat cocok sebagai pembalut luka dan luka bakar. Ini juga termasuk dalam perawatan yang digunakan untuk menyembuhkan infeksi bakteri, ketombe, dermatitis atau ruam popok, psoriasis, dan banyak lagi.

Madu juga membuat produk perawatan kulit alami rumahan yang bagus sebagai obat jerawat karena dapat digunakan sebagai pembersih wajah, sekalipun pada jenis kulit sensitif atau kombinasi.

2. Bengkoang – Bahan Alami Perawatan Wajah

Tak hanya memiliki rasa manis menyegarkan, bengkoang juga dikenal memiliki kandungan vitamin E tinggi. Kandungan itu berguna untuk membuat kulit tampak sehat dan bercahaya. Khasiat bengkoang juga ampuh untuk mengatasi masalah kulit wajah seperti jerawat dan komedo. Dilansir dari Women Beauty Tips, umumnya bengkoang juga sering digunakan sebagai bahan pembuatan produk kecantikan seperti pelembab, lotion dan masker wajah

3. Lidah Buaya – Bahan Alami Perawatan Wajah

Tumbuhan yang memiliki duri ini sudah dikenal sangat baik manfaatnya bagi kecantikan. Lidah buaya dikenal sebagai penyubur rambut dan penguat akar rambut supaya terhindar dari kerontokan. Padahal tak hanya kecantikan, lidah buaya yang terdiri atas dua zat, yakni gel yang ditemukan di sel-sel di tengah daun, dan getah yang diperoleh dari sel-sel tepat di bawah kulit daun, mampu menjadi obat. Lidah buaya memiliki lebih dari 75 bahan aktif termasuk anti-inflamasi, vitamin, mineral, sakarida, asam amino, asam lemak, enzim, lignin, dan asam salisilat yang dapat digunakan sebagai obat sekaligus perawatan kulit alami untuk luka bakar, radang dingin, dan psoriasis.
Selain itu, lidah buaya juga mengandung bahan-bahan aktif pelawan bakteri yang melawan peradangan, kemerahan, dan gatal-gatal sehingga sangat cocok menyembuhkan luka bakar akibat terpapar sinar matahari maupun masalah kulit lainnya.

4. Mentimun – Bahan Alami Perawatan Wajah

Tidak hanya bergizi dan segar saat dimakan, mentimun juga memiliki berbagai manfaat untuk kulit wajah Anda. Terbukti khasiatnya sudah dipercaya dengan banyaknya produk perawatan kulit seperti masker, face scrub, dan pelembab yang mengguanakan mentimun sebagai bahan utamanya.  Komponen antioksidan dalam mentimun yakni vitamin C dan asam folat memiliki manfaat untuk mengurangi kerut-kerut wajah tanda penuaan. Vitamin C dalam mentimun berfungsi merangsang pengembangan sel-sel baru dalam tubuh manusia termasuk sel-sel kulit.

5. Alpukat – Bahan Alami Perawatan Wajah

Selain menyehatkan, manfaat alpukat atau avokad yang juga tak bisa dikesampingkan adalah khasiatnya yang beragam untuk kecantikan. Mulai dari ujung rambut hingga ujung kuku. Kandungan vitamin E yang cukup tinggi menjadikan buah alpukat dipercaya baik untuk kecantikan kulit. Jika dikonsumsi secara teratur, Anda akan mendapatkan khasiat-khasiat berikut. Menurut riset buah alpukat mengandung kalium, vitamin E, dan lecithin.

Baca Juga >> PERAWATAN WAJAH DENGAN ALPUKAT

6. Jeruk Nipis

Jeruk merupakan buah yang begitu digemari masyarakat. Tanaman jeruk dapat dijumpai di seluruh dunia. Jeruk memiliki banyak spesies dari enam genus, yakni Citrus, Microcitrus, Fortunella, Poncirus, Cymedia, dan Eremocirus.

Salah satu jeruk yang terkenal banyak manfaat yakni jeruk nipis atau yang biasa di sebut lemon. Jeruk ini tidak dapat dikupas dan termasuk jeruk yang kerap digunakan untuk minuman. jeruk nipis dikenal mengandung vitamin C, A, B, dan E serta anti oksidan yang baik untuk kecantikan wajah. Tak hanya itu ada pula kandungan zat besi, kalsium, mineral, asam sitrat, asam amino yang terkandung dalam jeruk nipis.

7. Cuka Apel

Cuka sari apel mengandung alpha hydroxy acid yang menghilangkan kulit mati dan mengangkat kulit baru yang lebih sehat dan cerah. Biasa digunakan untuk cuci muka dan untuk menghilangkan bintik-bintik penuaan dini pada kulit. Produk perawatan kulit alami yang sangat mudah didapat dan murah ini bahkan bisa membunuh patogen (seperti bakteri), membersihkan masalah kulit yang disebabkan oleh masalah usus, mencerahkan kulit, dan membantu menghentikan jerawat.
Orang-orang pada saat itu berkeyakinan bahwa cuka apel bersifat antijamur dan jika dicampur dengan madu mentah dapat mengempiskan bisul dan mengobati luka kulit.

Cuka apel juga mengandung asam asetat serta kalium dan magnesium yang menjadikannya agen detoksifikasi ketika dikonsumsi. Cobalah mencampurnya dengan air untuk meningkatkan fungsi hati dan membantu menyeimbangkan bakteri dalam usus.

8. Teh Hijau

Ada berbagai manfaat masker teh hijau yang baik bagi kesehatan wajah. Untuk mendapatkan manfaat masker teh hijau secara maksimal, Anda bisa menggunakannya secara rutin. Berbagai manfaat masker teh hijau tersebut tidak perlu diragukan lagi, mengingat teh hijau sendiri sebenarnya merupakan jenis tumbuhan yang sudah terkenal akan manfaatnya jika dijadikan minuman. Selain memiliki antioksidan yang baik bagi kulit, teh hijau mengandung antiinflamasi yang baik untuk mengobati peradangan atau iritasi pada kulit. Antiinflamasi didapat dari polifenol tinggi yang disebut katekin, dan dapat membantu kulit terhindar dari bengkak, iritasi kemerahan, dan masalah kulit lainnya.

9. Tomat

Tomat mengandung berbagai jenis vitamin B, yaitu vitamin B1, B3, B5, B6, dan B9. Mengonsumsinya langsung memiliki potensi manfaat untuk memperlambat penuaan kulit. Dalam tomat, terdapat beragam kandungan mulai dari vitamin dan mineral. Tentunya semua kandungan itu pun memberikan manfaat untuk kesehatan. Tak hanya itu, tomat pun banyak dipakai sebagai bahan untuk perawatan wajah karena memiliki manfaat untuk kecantikan. Cara termudah biasanya adalah digunakan dengan menjadikannya sebagai masker di wajah secara alami.

10. Kunyit

Kunyit diketahui mengandung bahan aktif kurkumin. Zat ini memiliki khasiat antioksidan dan antiperadangan. Dengan bahan aktif tersebut, khasiat kunyit untuk wajah dapat membantu untuk membuat kulit Kamu lebih sehat, bersih, dan tampak bercahaya. Masker kunyit dapat membantu mengurangi jerawat di wajah. Kunyit, atau dalam istilah Latin disebut Curcuma longa, adalah tanaman dalam keluarga jahe yang tumbuh secara alami di India serta daerah tropis lainnya di Asia, termasuk Indonesia. Tanaman jenis rimpang ini dikenal dan dimanfaatkan oleh masyarakat secara luas, baik di perkotaan maupun di pedesaan. Biasanya kunyit digunakan sebagai campuran untuk pelengkap bumbu masakan. Selain itu sebagian masyarakat juga menggunakan kunyit sebagai pengobatan herbal.

Baca Juga >> PERAWATAN WAJAH DENGAN MENTIMUN

Referensi :
https://www.merdeka.com, https://www.genpi.co, https://brilistyle.brilio.net, https://www.google.com, https://slalu.com, https://hype.grid.id

Ajeng Kartini

leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Create Account



Log In Your Account



%d bloggers like this: